Rabu, 31 Oktober 2012

Pertimbangan Bisnis Waralaba dan License


Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba

Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian dari bisnis waralaba :
·         Keuntungan
1.             Perusahaan penyedia waralaba memberikan bimbingan dan bantuan yang substansial bagi para pewaralaba mengenai berbagai masalah bisnis yang penting mulai dari mempersiapkan dan memasarkan produk , menciptakan promosi yang baik dan efektif, hingga menciptakan desain tempat dan perlengkapan.Waralaba yang sudah mapan biasanyamengiklankan produk atau layanan secara nasional.

2.             Banyak waralaba yang menyediakan bantuan kepada pewaralaba berupa operator yang akan merancang dan melengkapi struktur diawal pendirian. Selain itu mereka juga dapat menetapkan prosedur akuntansi yang tepat sehingga pemilik dapat melihat perkembangan usaha dari laporan keuangannya.

3.             Sebagian penyedia waralaba akan menyediakan pelatihan kepada operator baru  mereka. Setelah tokoh dibuka, penyedia waralaba akan menawarkan bantuan manjemen, sehingga pewaralaba tidak perlu menciptakan manajemen sendiri.

4.             Jika anda ingin melakukan peminjaman terhadap bank, untuk menambah modal , sebuah bank akan yakin kepada anda dengan nama baik dari penyedia waralaba anda.

5.             Bisnis waralaba merupakan bisnis yang sudah berjalan dan diuji coba sehingga kemungkinan gagal lebih kecil dibanding membuka bisnis sendiri. Alasannya yaitu penyedia waralaba akan berusaha sekuat-kuatnya agar nama baik waralabanya tidak tercemar dan terus berjalan, sehingga citra penyedia waralabanya tetap eksis dan semakin berkembang.

6.             Produk yang ditawarkan kepada konsumen atau masyarakat sudah dikenal dan dipercayai, sehingga tidak sulit untuk dipasarkan.
·         Kekurangan
1.             Biaya untuk berbisnis waralaba biasanya lebih tinggi dari pada sebuah bisnis yang dimulai dari nol. Selain itu pewaralaba diwajibkan untuk membayar biaya awal atau license fee dan terus membayar royaliti kepada penyedia waralaba, beberapa persen dari penghasilan kotor.

2.             Semua pewaralaba biasanya diwajibkan untuk menaati semua kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh penyedia waralaba, sehingga pengembangan bisnis terbatas.

Contoh Bisnis waralaba yang sudah sukses dan tetap eksis sampai saat ini : KFC, CFC, Mc Donald, Solaria, JCO, dan sebagainya.

Keuntungan dan Kerugian License

Untuk keuntungan dan kekurangan license adalah sebagai berikut :
Keuntungan
1.       Produk sudah dikenal,sehingga barang yang ditawarkan tidak sukar untuk dijual, karena kualitasnya sudah diyakini oleh konsumen.
2.       Jarang terjadi complain, karena sudah memenuhi standarisasi nasional.
Kerugian
1.       Harga relative mahal, sehingga daya beli konsumen berkurang.
2.       Adanya pembajakan license, sehingga konsumen lebih memilih menggunakan bajakan yang harganya lebih terjangkau.
Contoh : Benda-benda seperti  software, tas, sepatu, pakaian, dan lain-lain yang bemerk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar