Keuntungan dan Kerugian Bisnis
Waralaba
Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian dari bisnis
waralaba :
·
Keuntungan
1.
Perusahaan penyedia waralaba memberikan
bimbingan dan bantuan yang substansial bagi para pewaralaba mengenai berbagai
masalah bisnis yang penting mulai dari mempersiapkan dan memasarkan produk ,
menciptakan promosi yang baik dan efektif, hingga menciptakan desain tempat dan
perlengkapan.Waralaba yang sudah mapan biasanyamengiklankan produk atau layanan
secara nasional.
2.
Banyak waralaba yang menyediakan bantuan kepada
pewaralaba berupa operator yang akan merancang dan melengkapi struktur diawal
pendirian. Selain itu mereka juga dapat menetapkan prosedur akuntansi yang
tepat sehingga pemilik dapat melihat perkembangan usaha dari laporan keuangannya.
3.
Sebagian penyedia waralaba akan menyediakan
pelatihan kepada operator baru mereka.
Setelah tokoh dibuka, penyedia waralaba akan menawarkan bantuan manjemen,
sehingga pewaralaba tidak perlu menciptakan manajemen sendiri.
4.
Jika anda ingin melakukan peminjaman terhadap
bank, untuk menambah modal , sebuah bank akan yakin kepada anda dengan nama
baik dari penyedia waralaba anda.
5.
Bisnis waralaba merupakan bisnis yang sudah
berjalan dan diuji coba sehingga kemungkinan gagal lebih kecil dibanding
membuka bisnis sendiri. Alasannya yaitu penyedia waralaba akan berusaha
sekuat-kuatnya agar nama baik waralabanya tidak tercemar dan terus berjalan,
sehingga citra penyedia waralabanya tetap eksis dan semakin berkembang.
6.
Produk yang ditawarkan kepada konsumen atau
masyarakat sudah dikenal dan dipercayai, sehingga tidak sulit untuk dipasarkan.
·
Kekurangan
1.
Biaya untuk berbisnis waralaba biasanya lebih
tinggi dari pada sebuah bisnis yang dimulai dari nol. Selain itu pewaralaba
diwajibkan untuk membayar biaya awal atau license fee dan terus membayar
royaliti kepada penyedia waralaba, beberapa persen dari penghasilan kotor.
2.
Semua pewaralaba biasanya diwajibkan untuk
menaati semua kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh penyedia waralaba,
sehingga pengembangan bisnis terbatas.
Contoh Bisnis waralaba yang sudah sukses
dan tetap eksis sampai saat ini : KFC, CFC, Mc Donald, Solaria, JCO, dan
sebagainya.
Keuntungan dan Kerugian License
Untuk keuntungan dan kekurangan license adalah sebagai
berikut :
Keuntungan
1.
Produk sudah dikenal,sehingga barang yang
ditawarkan tidak sukar untuk dijual, karena kualitasnya sudah diyakini oleh
konsumen.
2.
Jarang terjadi complain, karena sudah memenuhi
standarisasi nasional.
Kerugian
1.
Harga relative mahal, sehingga daya beli
konsumen berkurang.
2.
Adanya pembajakan license, sehingga konsumen
lebih memilih menggunakan bajakan yang harganya lebih terjangkau.
Contoh : Benda-benda seperti
software, tas, sepatu, pakaian, dan lain-lain yang bemerk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar